Anti Bokek Saat Jadi Mahasiswa? Begini Caranya!

Menjadi mahasiswa memang menjadi dambaan seluruh anak muda setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Setelah menjadi mahasiswa, akan tetapi sering muncul masalah baru yakni masalah keuangan salah satunya.

Masalah keuangan memang jika dideskripsikan cukup rumit mulai dari uang SPP, uang kostan, uang jajan, bahkan hingga traktir pacar (upsss) masih mengandalkan uang kiriman orang tua setiap mahasiswa.

Masalah tersebut kian bertambah dengan tingginya gaya hidup anak Zaman Now yang belum dibilang keren kalau belum nongkrong di Starbucks baik itu saat mengerjakan tugas ataupun hanya nongkrong semata.

Lantas adakah solusi untuk meringankan permasalahan keuangan mahasiswa? ADA, berikut akan saya bahas mengenai 5 cara menambah uang bagi mahasiswa.

Mendapat Uang Saku Tambahan Dengan Lebih Mudah

Penghasilan identik dengan orang kantoran yang rutin menerima gaji bulanan secara rutin. Tapi tahukah kalian ada beberapa jenis penghasilan:

  1. Penghasilan Aktif, penghasilan yang akan kamu dapatkan. Penghasilan jenis ini diperoleh dari hasil kamu menukar waktu dan tenaga bahkan perasaan.
  2. Penghasilan Investasi, penghasilan jenis ini dihasilkan dari kamu berinvestasi disalah satu instrumen investasi (akan dibahas mengenai investasi di artikel selanjutnya).
  3. Penghasilan Pasif, penghasilan ini diperoleh dari aset yang kamu miliki kasarnya adalah aset kamu yang bekerja untukmu.

Sebelum membahas mengenai cara menambah penghasilan untuk mahasiswa, ada baiknya kamu mengetahui bagan aliran keuangan.

Bagan Aliran Keuangan

Bagan Aliran Keuangan by Finansialku.com

Bagan aliran keuangan merupakan tahap-tahap yang harus kamu lakukan dalam mengatur keuanganmu. Pada bagan dijelaskan bagaimana seharusnya kamu memprioritaskan kebutuhan. Berikut adalah penjelasan mengenai bagan aliran keuangan by Finansialku.com

  1. Pemasukan, pada tahap ini menjelaskan alur atau sumber penghasilan kamu.
  2. Beramal, karena manusia adalah makhluk sosial, maka beramal haruslah diutamakan dibandingkan keperluan lainnya setelah memiliki penghasilan.
  3. Uang Kos, bagi kamu yang tinggal jauh dari orang tua pastinya kamu harus membayar uang kostan yang rutin dibayar setiap bulannya.
  4. Kebutuhan Hidup, disini kamu boleh berbelanja sesuai kebutuhan bulanan kamu. Ingat, bahwa disini adalah tahap memenuhi kebutuhan bukan keinginan.
  5. Menabung, sering kali tahap ini dilewatkan atau disimpan dibagian terakhir. Bisa saja kebutuhan hidupmu menghabiskan penghasilan kamu, sehingga kamu tidak memiliki sisa untuk ditabung setiap bulannya.

Ada yang aneh dengan bagan diatas? ya seharusnya kamu sadar dengan kesalahan bagan diatas. berikut bagan yang seharusnya kamu gunakan untuk strategi keuangan kamu.

bagan aliran keuangan 02 by Finansialku.com

bagan aliran keuangan 02 by Finansialku.com

Aliran yang benar adalah seperti gambar diatas, tahapannya adalah:

  1. Pemasukan
  2. Beramal
  3. Menabung
  4. Uang Kos
  5. Kebutuhan Hidup

Penghasilan Pasif Bisa Menjadi Solusi Mahasiswa

Pada kedua gambar diatas terdapat Pemasukan, lalu darimana mahasiswa bisa memperoleh pemasukan? salah satunya adalah dengan penghasilan pasif.

Berikut 5 penghasilan pasif yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa untuk menambag penghasilan tambahan.

  1. Asisten Dosen, kamu bisa menjadi asisten dosen. Di kampus sering sekali matakuliah tertentu membuka lowongan untuk mahasiswa yang cukup berprestasi untuk menjadi asisten dosen.
  2. Freelance Content Writer, kamu hobi atau senang menulis? kamu bisa mencoba mengirimkan tulisan kamu ke media yang membuka guest post atau kamu bisa mengunjungi situs-situs seperti freelancer atau sribulancer.
  3. Freelance Designer, jika kamu jago mengenai design kamu juga bisa mencoba mendaftar ke situs freelancer atau sribulancer untuk menemukan klien atau mencari langsung perusahaan yang menerima magang untuk bagian desain.
  4. Freelance Photografer, suka foto? kamu bisa berburu foto menarik kemudian posting di instagram sehingga instagram kamu ramai dan ada yang tertarik untuk memasang iklan di instagram kamu.
  5. Ojek Online, kamu bisa menjadi driver ojek online sebagai sampingan diluar kegiatan kampus.

Zaman dahulu mahasiswa harus cepat-cepat lulus, cepat-cepat melamar pekerjaan baru bisa memiliki pemasukan. Mahasiswa zaman sekarang, seperti Kamu adalah mahasiswa yang lebih hebat, lebih kreatif dan lebih maju. Sambil kuliah juga bisa kok memilki banyak penghasilan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *